Perawatan Battery

 Prosedur Perawatan Baterai Pada Alat Berat




Prosedur perawatan baterai pada alat berat merupakan aktivitas yang dilakukan agar baterai selalu dalam keadaan siap pakai, peforma terbaik dan memiliki umur pemakainan yang lebih lama. berikut ini adalah petunjuk perawatan baterai antara lain :

  1. Periksalah ketinggian electrolit pada baterai secara berkala dan berkelanjutan, minimal setiap unit dilakukan service.
  2. Apabila permukaan electrolit pada baterai turun hingga mendekati gari "Lower Level", maka tambahkan dengan menggunakan air tambah baterai (Distilled Water) saja. Tambahkan hingga mencapai garis "Upper Level" kembali. Note : (Jangan tambahkan dengan air zuur).
  3. Bila ditemui mesin sulit untuk di start, klakson lemah, lampu redup dan kemudian dilakukan pengukuran pada berat jenis accu zuur-nya kurang dari 1.200 maka berarti baterai dalam keadaan kekurangan muatan listrik. Lakukan ccharging baterai dengan arus 1/10 kali dari kapasitas naminal baterai hingga voltase baterai mencapai 12 Volt lebih atau bila di ukur berat jenis electrolitnya telah mencapai 1.260 kembali.
  4. Lakukan pemeriksaan pada kondisi terminal pole baterai ( minimal tiap kali service). Jika ditemui terminal pole berjamur, maka cucilah dengan menggunakan air panas, lalu keringkan dan diberi grease pada terminal.

🔰Prosedur Pemakain Baterai Baru





Dalam pemakaian baterai baru, berikut ini hal - hal yang perlu diperhatikan antara lain sebagai berikut :
  1. Lepaskan segel alumunium foil dan kemudian isi baterai dengan asam sulfat cair (accu zuur) yang mempunyai berat jenis 1.260 (20૦C) hinggs mencapai garis "Upper Level".
  2. Tutup kembali lubang - lubang baterai dengan menggunakan vent pluq yang telah tersedia.
  3. Bersihkan terminal pole dari tumpahan dari air accu zuur dan kotoran lainnya.
  4. Baterai telah siap digunakan.

🔰Prosedur Pemasangan Baterai




  1.  Pada saat pemasangan baterai, klem Positif (+) harus dipasang terlebih dahulu. baru kemudian klem Negatif (-).
  2. Pastikan posisi klem sudah terpasang erat dan kuat pada terminal pole  Positif (+) dan Negative (-).
  3. Lepas terminal pole Negative (-) pada kendaraan, apabila kendaraan tidak akan digunakan pada waktu yang lama.
  4. Jagalah posisi baterai selalu dalam keadaan tertahan erat pada dudukannya (braket).
  5. Jaga kebersihan lubang pernapasan (vent plug) selalu bersih dan tidak tersumbat.
  6. Pastikan vent plug dalam keadaan terpasang dengan kuat ketika sudah melakukan penambahan air baterai (accu).
  7. Pastikan nyala atau loncatan bunga api berada jauh dari baterai, agar tidak terjadi ledakan.
  8. Hindarkan baterai dari terkena bensin atau solar.
  9. Segera lakukan pengechargeran ketika mendapati baterai dalam keadaan kekurangan muatan listrik.


🔰Permasalahan Yang Bisa Terjadi Pada Battery


1. MELEDAK

Baterai dapat meledak yang disebabkan oleh :

  1. Vent plug tersumbat sehingga gas tidak bisa keluar dari dalam baterai.
  2. Pemasangan terminal clamp yang tidak kencang (longgar) akan menimbulkan panas serta percikan api, gas hidrogen dan oksigen dengan temperatur tertentu akan menimbulkan ledakan pada battery.
  3. Terdapat connector kabel yang putus atau longgar yang menimbulkan percikan api sehingga menyambar gas hidrogen dan oksigen dan menimbulkan ledakan.
  4. Sambaran api dari luar, misalnya puntung rokok, batterai didekat pengelasan pada saat battery dilakukan pengecharge-an.
  5. Electrolyte didalam baterai habis / kering, sehingga temperature baterai menjadi tinggi sehingga bisa mnimbulkan ledakan.
2. OPEN CIRCUIT 
Baterai open circuit dapat disebabkan oleh : 
  1. Pemasangan clamp terminal yang longgar sehingga menyebabkan sambungan terminal putus.
  2. Perakitan sambungan terminal pole atau sambungan antar cell pada baterai kurang baik sehinggga waktu dipakai putus.
3. OVER CHARGE
Baterai over charge dapat disebabkan oleh :
  1. Operasi kendaraan yang tidak berhenti, misalnya seperti mesin pabrik, taxi, genset dll,.
  2. Sistem pengisian listrik yang berlebih, umumnya sering dijumpai pada kendaraan yang masih menggunkan sistem alternator konvesional.
  3. Kerusakan pada regulator pada alternator.
4. UNDER CIRUIT
  1. Kapasitas baterai yang digunakan tidak sesuai.
  2. Sistem pengisian dari alternator tidak berfungsi / rusak.
  3. Terjadi hubungan singkat dalam kelistrikan kendaraan.
  4. Baterai tidak digunakan dalam kurun waktu yang lama.
  5. Terjadi ke abnormalan pada sistem pengisian, sehingga tegangan listrik yang dihasilkan tidak seimbang dengan yang dibutuhkan oleh komponen electrik.  

5. SHORT CIRCUIT
  1. Perakitan battery yang kurang sempuna, sehingga separator sobek atau ada serpihan timah.
  2. Baterai kemasukkan benda tajam atau berbahan besi seperti bolt, nut atau paku sehingga separator sobek.  
Toko Aki Samarinda, supplier aki, vendor aki, battery, distributor aki, importer aki, importir aki, Toko aki terlengkap, terdekat, murah, bergaransi, aki kapal, aki marine, aki dt, aki alat berat, aki artic, aki kering Aki Mobil, Aki Motor, Aki Murah, Aki Bergaransi, Aki, Battery, Garansi, Cilduk. ciledug, bintaro, pondok kacang, pondok aren, BSD, Bumi, Serpong, Damai, Kereta, KRL, Listrik, Aki Listrik, Mobil Listrik, Murah, garansi, aman, terpercaya, Puasa, Ramadhan, pelayanan ramah, cekatan, cepat, bersih, baik, pintar, cocok, pas, timnas, pssi, fifa, Ronaldo, strum, stroom, cas, charge, charger, soak, low, drop, layanan ganti aki di tempat, Produk asli bergaransi, Kami hanya menyediakan produk Aki asli dan bergaransi, tenaga Ahli Profesional Teknisi berpengalaman dan profesional. Produk diantar ke rumah Pesanan kami antar dan pasang ke rumah, gratis. Bisa tukar Tambah Tukarkan aki lama milik Anda dengan yang baru dari kami. Aki Genset, Aki Generator, Aki Toyota, Aki Avanza, Aki Daihatsu Xenia, Aki Kijang, Aki Mitsubishi, Aki Truk, Aki Truck, Aki Mobil Honda, Aki Mobil Suzuki, Aki Mobil Nissan, Aki Mobil Mazda, Aki Mobil KIA, Aki Mobil Hyundai, Aki Mobil Tesla, Aki Mobil Wuling, Aki Mobil DFSK, Aki Mobil Mercedes Benz, Aki Mobil BMW, Aki Mobil Ford, Aki Mobil HINO, Aki Mobil Renault, Toko Aki Bintaro, Toko Aki Mobil Pondok Aren, Toko Aki Mobil Cileduk, Toko Ako Mobil Terdekat, Toko Aki Murah, Toko Aki Terlengkap, Siap Antar Toyota, Hyundai, KIA, hino, Mitsubishi, Suzuki, honda, BMW, audi, Chevrolet, alfa Romeo, bmw, Chevrolet, chery, Chrysler, Daihatsu, Datsun, Ferrari, fiat, ford, forklift, hino, honda, Hyundai, isuzu, jaguar, kia, Komatsu, Lamborghini, land cruiser, lexus, mazda, Mercedes benz, mini cooper, Mitsubishi, Nissan, opel, Peugeot, Porsche, Renault, rolls Royce, Subaru, Suzuki, timor, Toyota, volvo, vw, wulling, wuling, toko aki terdekat, toko aki mobil, toko aki kering, toko aki hemat, toko aki bergaransi, toko aki terpercaya, toko aki terdekat, toko aki mobil, toko aki kering, toko aki hemat, toko aki bergaransi, toko aki terpercaya, toko aki terdekat, toko aki mobil, toko aki kering, toko aki hemat, toko aki bergaransi, toko aki terpercaya, toko aki terdekat, toko aki mobil, toko aki kering, toko aki hemat, toko aki bergaransi, toko aki terpercaya, toko aki terdekat, toko aki mobil, toko aki kering, toko aki hemat, toko aki bergaransi, toko aki terpercaya, toko aki terdekat, toko aki mobil, toko aki kering, toko aki hemat, toko aki bergaransi, toko aki terpercaya, samarinda, balikapapan , sungai Mahakam, tambang, sungai, pelayaran, galangan, jembatan, arus, Islamic center, gubernur, walikota, tenggarong, loa janan, Wilayah Samarinda, Kecamatan Loa Janan Ilir, Kecamatan Palaran, Kecamatan Samarinda Ilir, Kecamatan Samarinda Kota, Kecamatan Samarinda Seberang, Kecamatan Samarinda Ulu, Kecamatan Samarinda Utara, Kecamatan Sambutan, bengkuring, bengkuring puspita, bumi sempaja, ariesco, pulau atas, sambutan, galangan, makroman, jembatan, Palaran, Rawa Makmur, Handil Bakti, Bukuan, Simpang Pasir, Bantuas, Kecamatan, Palaran, Samarinda Seberang, Samarinda Ulu, Samarinda Ilir, Samarinda Utara, Sungai Kunjang, Sambutan, Sungai Pinang, Samarinda Kota, Loa Janan Ilir, Kelurahan, Rawa Makmur, Handil Bakti, Bukuan, Simpang Pasir, Bantuas, Sungai Keledang, Baqa, Mesjid, Mangkupalas, Tenun, Gunung Panjang, Teluk Lerong Ilir, Jawa, Air Putih, Sidodadi, Air Hitam, Dadi Mulya, Gunung Kelua, Bukit Pinang, Selili, Sungai Dama, Sidomulyo, Sidodamai, Pelita, Sempaja Selatan, Lempake, Sungai Siring, Sempaja Utara, Tanah Merah, Sempaja Barat, Sempaja Timur, Budaya Pampang, Loa Bakung, Loa Buah, Karang Asam Ulu, Lok Bahu, Teluk Lerong Ulu, Karang Asam Ilir, Karang Anyar, Sungai Kapih, Sambutan, Makroman, Sindang Sari, Pulau Atas, Temindung Permai, Sungai Pinang Dalam, Gunung Lingai, Mugirejo, Bandara udara, Karang Mumus, Pelabuhan, Pasar Pagi, Bugis, Sungai Pinang Luar, Simpang Tiga, Tani Aman, Sengkotek, Harapan Baru, Rapak Dalam, aki genset, aki engine kapal, engine tugboat, engine AE, engine ME, AE, ME, Auxillary Engine, Main Engine, Crew Boat, INSA, IPERINDO, KSA Samarinda, Pulau Atas, Pendingin, Sanga-sanga, Syukur, Barokah Perkasa, Sungai Lais, Pulau Atas, Jalan Telkom, Palaran, Makroman, aki terbaik, aki bergaransi, IKN, ibu, kota, negara, nusantara, ibu kota nusantara, syahrul, yasin limpo, syahrul yasin limpo, hadi, mulyadi, hadi mulyadi, isran, noor, isran noor, samarinda, samarinda seberang, tongkang, tug, tug boat, engine, genset, charger, alternator, niaga jaya, agus suta line, duta lintas samudera, teluk bajau, danny raya, arief Rahman hakim, scp, lembuswana, robinson, big mall, sungai siring, tanah merah, apt pranoto, airport, airport samarinda, pesawat, ekalya, aka mulati bahari, rusianto bersaudara, barokah perkasa, Palestina, Palestine, Free Palestine, Palestina Merdeka, Ustadz Felix Siaw, dr Richard Lee, 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Kode yang ada di Aki

Alat untuk Mengukur Berat Jenis Accu

Aki Kering atau Aki Basah