Pemahaman Yang Benar Tentang Aki Kering

Pengguna sepeda motor terutama model baru, kerap memilih menggunakan aki kering sebagai sumber utama kelistrikan. Aki jenis tersebut dipilih karena relatif bebas perawatan, tanpa harus mengisi ulang cairan asam sulfat (H2SO4). Namun, sebutan aki kering ternyata kurang tepat. Karena pada dasarnya semua aki itu berisi cairan. Agustono Santoso, Promotion Manager Yuasa Battery Indonesia meluruskan istilah tersebut. Dijelaskan, istilah aki kering murni hanya cocok disebuat untuk batu baterai, sedangkan semua aki yang digunakan pada kendaraan bermotor, pasti ada unsur cairan di dalamnya. “Bukannya salah tapi tidak tepat, karena memang secara kasat mata tidak terlihat adanya cairan, atau bahkan ketika diguncang-guncang tidak terasa ada air, namun bukan berarti tidak terdapat unsur air di dalamnya,” ujar Agus seperti ditulis Otomania, Rabu (5/8/2015). Keberadaan air tidak terlihat disebabkan karena separator yang memiliki sifat dapat menyerap cairan, seperti kanvas atau popok bayi, sehingga bisa terserap. Aki jenis ini kurang tepat jika disebut kering, tapi lebih ideal diberi nama maintenance free (MF). Pasalnya, arus listrik pada aki akan timbul karena reaksi kimia dari cairan asam sulfat (H2SO4) dan pumblum sulfat (P2SO4). “Penggunaan separator yang dapat menyerap air itu dimaksudkan untuk memperkecil penguapan. Selain itu juga ketika pendistribusian dan posisi aki miring atau terbalik, air tidak bergerak liar sehingga rembes keluar. Kecilnya penguapan tersebut juga membuat aki MF menjadi lebih awet dibanding aki konvensional biasa,” kata Agus. Maka dari itu, lanjut Agus, akan lebih tepat jika kita menyebut aki MF bukan aki kering. Karena kebanyakan sistem aki seperti ini digunakan untuk model aki maintenance free (MF). Namun untuk produk aki MF Yuasa untuk mobil tetap dibuat basah dan kelebihan air, karena disesuaikan untuk iklim di Indonesia yang bersuhu tropis.

aki, accu, battery, aki samarinda, GS, Yuasa, KGB, Allmakes, GForce, kapal, tug boat, boat, tongkang, spob, lct, aki, accu, battrey, battery, aki motor, aki mobil, aki truk, aki truck, dump truck, Exavator, Grider, PC, Hino, Nissan, Iveco. Queester, Isuzu, Daihatsu, Toyota, Mitsubishi, Yamaha, Kawasaki, Ford, PO, Pelayaran, Shipping Company, Perusahaan, Sea Bus, Sea Truck, speed boat, Samarinda, pulau atas, makroman, galangan, docking, AE, ME, Navigasi, toko aki samarinda, distributor aki samarinda, aki terpercaya, aki murah, aki berkualitas, aki unggul, aki awet, aki garansi. Jasa, Penyedia, Peralatan, Angkut, Perairan, Accomodation Barge, Personnel Boat, Working Boat, Landing Craft Motor (LCM), Tugboat, Landing Craft Tank (LCT), Self, Propelled, Oil, Barge,SPOB, Peralatan, Berat, Dozer, Excavator, Grader, Loader, Dump Truck; Peralatan Penggerak  Mula, Mesin Diesel (DIesel Engine), Gas Engine, Mesin Turbin Uap, Motor Listrik (Electric Motor), Mesin Uap (Steam Engine),Peralatan Elektrikal, Pembangkit Tenaga Listrik (Electric Power Generator), Transformer, Switch Control Gear, Motor Control Center (MCC), Speed Drive, Cable, Lamp, Junction Box, Cable Penetrator, Variable Speed Drive (VSD),Jasa Penyedia Tenaga Kerja, Tenaga Juru Las, Tenaga, Teknisi, Mekanikal, dan Elektrikal, tenaga Legal, Tenaga Administrasi, Tenaga, Kebersihan, covid 19. covid, corona, sayang, cinta, sehat, bahagia, sukses, PC200 PC300 PC400 PC500, dozer, grader, wheel loader, pelayaran samarinda, pelayaran Balikpapan, pelayaran Kalimantan timur, pelayaran Indonesia, sungai Mahakam, hotel, genset, distributor aki samarinda, pusat aki, toko aki, air minum pdam, aqua, duta lintas, wira timur, Kukar Mandiri, ksa, agus suta line, teluk bajau, galangan, ekalya purnamasari, kontraktor tambang, rental, hauling, trucking, ADT, Mahakam, sungai, pest etam, Borneo, Borneo FC, Pemilu, Gubernur, walikota, camat, lurah, RT, RW. Banjir,


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Kode yang ada di Aki

Alat untuk Mengukur Berat Jenis Accu

Aki Kering atau Aki Basah