Efek Ganti Satu Busi Mobil

Pada umumnya mobil memiliki tiga sampai empat busi, tergantung jumlah silinder. Tidak jarang, busi mengalami keausan pada satu silinder saja. Pertanyaannya bila ingin diganti baru, haruskah mengganti semua busi, atau hanya pada satu saja yang bermasalah?

Terlebih bila tujuannya ingin menghemat pengeluaran dengan cara hanya mengganti satu saja yang bermasalah dan membiarkan yang lain. Asumsinya, sisa busi yang ada masih bisa dipakai dan sayang untuk dibuang.

Akan tetapi perlu dipahami dahulu Sahabat Garasi, bila ada efek dari periode penggantian yang salah seperti ini. Pertama, busi mengalami kerusakan jamak karena terlalu lama tidak diperbarui. Otomatis menyambar koil. Risiko ini yang justru bikin kantong jebol.

Permasalahan Pada Koil

Perlu Sahabat ketahui, penyebab utama mobil mogok atau rusak (dari sisi kelistrikan dan busi) pasti koil. Sebenarnya koil itu bisa dideteksi rusak, karena awal dari gejala busi. Busi udah kelamaan tidak diganti, akhirnya bocor dan nyambar ke koil. Ketika koil bermasalah baru terasa, budget beli koil besar banget.

Nah Sahabat, ketika diketahui satu silinder mengalami mati busi, lalu hanya diganti satu saja, permasalahan lain muncul. Seiring berjalan waktu, masa pakai busi yang masih normal tentu sudah terforsir. Tidak ada yang tahu tinggal berapa persen umur busi itu. Kemudian kemampuan yang tidak sama antar silinder berpotensi memicu ketidakseimbangan produksi power. Kalau businya baru, pasti akan beda dibandingkan yang lain. Ini yang bikin performa mobil tidak juga bisa maksimal.

Sebetulnya itu bisa dicegah. Kebiasaan dari Sahabat, ketika satu silinder bermasalah, hanya itu saja yang diganti. Karena apa, kamu tidak pernah tahu. Karena satu dari empat silinder, kamu tidak pernah tahu keausannya sudah 20 persen, 40 persen atau segala macam. Jadi tidak seimbang.

Siklus Tidak Normal

Kalau saja ditemukan busi ternyata sering mati, padahal masih baru, asumsi lanjutan berarti bukan titik itu yang bermasalah, melainkan kendala lain contohnya proses kombusi atau perangkat kelistrikan tidak normal. Yang jelas, mesin tidak sedang baik-baik saja. Jika problem busi sering banget mati. Yang perlu dicari, kenapa seperti itu? Bukan businya yang gampang diganti. Karena misal diganti satu silinder saja, akibatnya tiga silinder yang lain tidak seimbang.

Lebih lanjut, proses yang sama seperti ini akan berlanjut terus-menerus, satu silinder rusak diganti dan seterusnya. Lama-lama tidak akan pernah selesai sedangkan jelas-jelas performa mesin akan pincang. Lama-lama siklus penggantian komponen tidak stabil. Efeknya performa mesin tidak maksimal, dibandingkan serempak. Apabila diganti, setelah itu tidak ada problem lagi di kemudian hari.

Saat mobil Sahabat tidak nyaman dikendarai, bisa jadi komponen busi mobil mengalamai kendala atau busi mobil mati satu. Cici-cici yang mudah ditemukan saat ini terjadi yaitu mesin mobil menjadi bergetar atau bahkan tidak bisa menyala. Sahabat bisa simak secara mendalam cic-cirinya berikut ini.

Mesin Mobil Tidak Bisa Menyala

Komponen busi berperan sangat penting dalam proses pembakaran, sehingga jika mobil tidak menyala artinya komponen busi mengalami kendala. Busi berfungsi memproses pembakaran campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar.

Ketika salah satu busi tidak berfungsi dengan baik, maka proses pembakaran jadi tidak maksimal dan mesin mobil sulit dihidupkan. Jika hal ini terjadi pada mobil Sahabat, segera konsultasikan ke bengkel untuk proses perbaikan.

Getaran Mesin Meningkat

Jika mesin mobil masih bisa dihidupkan namun terasa bergetar, bisa jadi itu merupakan tanda salah satu busi mobil mati. Akibatnya, mesin tidak bisa menghasilkan tenaga secara optimal dan menjadi penyebab getaran yang tidak normal pada mobil.

Kondisi ini semakin terasa jika sistem pembakaran mesin lainnya mengalami kendala, seperti karburator yang kotor atau rusak, tekanan bahan bakar yang tidak stabil, atau injektor bahan bakar yang bermasalah. Jadi, pastikan mobil Sahabat dalam keadaan optimal dengan selalu melakukan perawatan mobil berkala.

Konsumsi Bahan Bakar Meningkat

Ciri lain yang akan Sahabat temukan saat busi mobil mati satu adalah konsumsi bahan bakar yang meningkat. Kondisi ini disebabkan karena campuran bahan bakar dan udara tidak terbakar secara sempurna di dalam ruang bakar. Alhasil, mesin harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga yang diperlukan dan mengakibatkan konsumsi bahan bakar meningkat.

Mesin Mobil Overheat

Kerusakan pada busi mobil juga bisa menyebabkan mesin mobil jadi overheat atau kepanasan. Karena proses pembakaran di ruang bakar tidak terjadi dengan sempurna dan mesin harus bekerja lebih keras dari biasanya hingga mengalami overheat. Agar hal ini tidak terjadi pada mesin mobl Sahabat, pastikan selalu melakukan perawatan mobil secara berkala.

Toko Aki Sungai Keledang, Toko Aki Samarinda seberang, Toko Aki Baqa, Toko Aki Mesjid, Toko Aki Mangkupalas, Toko Aki Tenun, Toko Aki Gunung Panjang, Toko Aki Teluk Lerong, Toko Aki Teluk Lerong Ilir, Toko Aki Samarinda Ulu, Toko Aki Jawa, Toko Aki Air Putih, Toko Aki Sidodadi, Toko Aki Air Hitam, Toko Aki Dadi Mulya, Toko Aki Gunung Kelua, Toko Aki Bukit Pinang, Toko Aki Selili, Toko Aki Sungai Dama, Toko Aki Sidomulyo, Toko Aki Pelita, Toko Aki Sempaja Selatan, Toko Aki Sungai Siring, Toko Aki Sempaja Utara, Toko Aki Tanah Merah, Toko Aki Sempaja Barat, Toko Aki Sempaja Timur, Toko Aki budaya Pampang, Toko Aki Lempake, Toko Aki Kelurahan, Toko Aki Kecamatan, Toko Aki kota Madya, Toko Aki Samarinda, Toko Aki Loa Bakung, Toko Aki Loa Buah, Toko Aki Sungai Kunjang, Toko Aki Karang Asam Ulu, Toko Aki Lok Bahu, Toko Aki Teluk Lerong Ulu, Toko Aki Karang Asam Ilir, Toko Aki Karang Anyar, Toko Aki Sungai Kapih, Toko Aki Sambutan, Toko Aki Ariesco, Toko Aki Citra Gading, Toko Aki Makroman, Toko Aki Sindang Sari, Toko Aki Pulau Atas, Toko Aki Temindung Permai, Toko Aki Sungai Pinang Dalam, Toko Aki Gunung Lingai, Toko Aki Mugi Rejo, Toko Aki Bandara, Toko Aki Sungai Pinang, Toko Aki Krang Mumus, Toko Aki Pelabuhan, Toko Aki Pasar Pagi, Toko Aki Bugis, Toko Aki Sungai Pinang Luar, Toko Aki Simpang Tiga, Toko Aki Tani Aman, Toko Aki Sengkotek, Toko Aki Harapan Baru, Toko Aki Rapak Dalam, Toko Aki Rawa Makmur, Toko Aki Handil Bakti, Toko Aki Bukuan, Toko Aki Simpang Pasir, Toko Aki Bantuas, Aki Mobil, Aki Motor, Aki Murah, Aki Bergaransi, Aki, Battery, Garansi, Kapal, Pelayaran, Tambang, Site, DT, Genset, Seri, Paralel, Jumper, Aki Basah, Aki Kering, Sungai Mahakam, Ponton, Tug Boat, Galangan, Cat, semprot, air, tambang, Truk, Aki Kuat, Aki Awet, Aki Murah, Aki Tahan Lama, Aki Garansi, Mobil Listrik, Motor Listrik, Nissan, Mitsubishi, Toyota, Wuling, Aki Mobil, Aki Motor, Aki Murah, Aki Bergaransi, Aki, Battery, Garansi, Kereta, KRL, Listrik, Aki Listrik, Mobil Listrik, Murah, garansi, aman, terpercaya, Puasa, Ramadhan, pelayanan ramah, cekatan, cepat, bersih, baik, pintar, cocok, pas, timnas, pssi, fifa, Ronaldo, strum, stroom, cas, charge, charger, soak, low, drop, Aki Genset, Aki Generator, Aki Toyota, Aki Avanza, Aki Daihatsu Xenia, Aki Kijang, Aki Mitsubishi, Aki Truk, Aki Truck, Aki Mobil Honda, Aki Mobil Suzuki, Aki Mobil Nissan, Aki Mobil Mazda, Aki Mobil KIA, Aki Mobil Hyundai, Aki Mobil Tesla, Aki Mobil Wuling, Aki Mobil DFSK, Aki Mobil Mercedes Benz, Aki Mobil BMW, Aki Mobil Ford, Aki Mobil HINO, Aki Mobil Renault,, aki, accu, battery, aki samarinda, GS, Yuasa, KGB, Allmakes, GForce, kapal, tug boat, boat, tongkang, spob, lct, aki, accu, battrey, battery, aki motor, aki mobil, aki truk, aki truck, dump truck, Exavator, Grider, PC, Hino, Nissan, Iveco. Queester, Isuzu, Daihatsu, Toyota, Mitsubishi, Yamaha, Kawasaki, Ford, PO, Pelayaran, Shipping Company, Perusahaan, Sea Bus, Sea Truck, speed boat, Samarinda, pulau atas, makroman, galangan, docking, AE, ME, Navigasi, toko aki samarinda, distributor aki samarinda, aki terpercaya, aki murah, aki berkualitas, aki unggul, aki awet, aki garansi. Jasa, Penyedia, Peralatan, Angkut, Perairan, Accomodation Barge, Personnel Boat, Working Boat, Landing Craft Motor (LCM), Tugboat, Landing Craft Tank (LCT), Self, Propelled, Oil, Barge,SPOB, Peralatan, Berat, Dozer, Excavator, Grader, Loader, Dump Truck; Peralatan Penggerak  Mula, Mesin Diesel (DIesel Engine), Gas Engine, Mesin Turbin Uap, Motor Listrik (Electric Motor), Mesin Uap (Steam Engine),Peralatan Elektrikal, Pembangkit Tenaga Listrik (Electric Power Generator), Transformer, Switch Control Gear, Motor Control Center (MCC), Speed Drive, Cable, Lamp, Junction Box, Cable Penetrator, Variable Speed Drive (VSD),Jasa Penyedia Tenaga Kerja, Tenaga Juru Las, Tenaga, Teknisi, Mekanikal, dan Elektrikal, tenaga Legal, Tenaga Administrasi, Tenaga, Kebersihan, covid 19. covid, corona, sayang, cinta, sehat, bahagia, sukses, PC200 PC300 PC400 PC500, dozer, grader, wheel loader, pelayaran samarinda, pelayaran Balikpapan, pelayaran Kalimantan timur, pelayaran Indonesia, sungai Mahakam, hotel, genset, distributor aki samarinda, pusat aki, toko aki, air minum pdam, aqua, duta lintas, wira timur, Kukar Mandiri, ksa, agus suta line, teluk bajau, galangan, ekalya purnamasari, kontraktor tambang, rental, hauling, trucking, ADT, Mahakam, sungai, pest etam, Borneo, Borneo FC, Pemilu, Gubernur, walikota, camat, lurah, RT, RW. Banjir, UT, Intraco, Kobexindo, Logging, perkebunan sawit, perkebunan, sawit, ruko. Took, perusahaan, Mahakam, sungai, laut, makan, nasi, sayur, daging, ikan, covid-18, covid, corona, PSBB, dirumah aja, work from home, duit, ,kapal, tug boat, boat, tongkang, spob, lct, aki, accu, battrey, battery, aki motor, aki mobil, aki truk, aki truck, dump truck, Exavator, Grider, PC, Hino, Nissan, Iveco. Queester, Isuzu, Daihatsu, Toyota, Mitsubishi, Yamaha, Kawasaki, Ford, PO, Pelayaran, Shipping Company, Perusahaan, Sea Bus, Sea Truck, speed boat, Samarinda, pulau atas, makroman, galangan, docking, AE, ME, Navigasi, toko aki samarinda, distributor aki samarinda, aki terpercaya, aki murah, aki berkualitas, aki unggul, aki awet, aki garansi. 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Kode yang ada di Aki

Alat untuk Mengukur Berat Jenis Accu

Aki Kering atau Aki Basah